Bagi yang masih penasaran pengin
tenaga Suzuki Satria F-150 lebih tinggi lagi, bisa terapkan doping
tambahan. Caranya memperbesar pemasukan campuran bensin-udara yang masuk
silinder. Bisa pasang karbu gede, kem durasi lama dan lift tinggi.
Karburator standar menggunakan
sistem vakum. Suplai bensin kurang responsif lantaran menunggu kevakuman
dari mesin. Ukuran venturi juga hanya 26 mm. Pilot-jet 12,5 dan
main-jet 110.
Jika mau pakai karbu yang lebih
gede, bisa menggunakan Keihin PE 28. Tujuannya bukan saja mendongkrak
power. Tarikan mesin lebih responsif lantaran menganut model skep yang
langsung ditarik kabel gas. Tidak seperti standar F-150 model vakum,
yang jauh lebih lambat.
Namun penggunaan karbu PE 28 ini
harus seting spuyer. “Jika masih pakai spuyer bawaan PE 28 akan ngok di
putaran atas lantaran kegedean,” jadi Untuk itu spuyer harus diseting
ulang sesuai kemauan mesin, pilot-jet pasang ukuran 42 yang memang
bawaan PE 28.
Sementara main-jet harus
diganti. Bawaan PE 28 kegedean, yaitu 152. pasnya pakai yang 120.
“Bentuknya seperti main-jet punya Honda Tiger,” .
Penjelasan, jika susah mencari main-jet Tiger yang asli, bisa ambil merek Extreme.lumayan lebih akurat dari merek lain.
Jangan lupa setelan udaranya
harus diatur ulang. Sudah menggunakan knalpot racing, setelan 2 putar
balik setelah diseting mentok.
Namun jika sudah menggunakan kem
racing biasanya spuyer harus diseting ulang. Kalau pakai kem Kawahara,
anehnya spuyer minta diturunkan. Misalkan asalnya pilot-jet 42 dan
main-jet 120 harus diganti pakai yang lebih kecil. Sekitar 1 step.
Mau lebih sip lagi, perbesar
kompresi. “Caranya gampang. Paking kepala silinder asli ada 3 lapis,
tinggal dikurangi. kompresi dipastikan sudah lumayan naik,” jelas .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar