Jumat, 22 Juni 2012

setting karburator

Kali ini kita akan bahas tetang karburator.
Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.
Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?
Jwbannya adl Karena kondisi mesin & lingkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.
Misal :
Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin harus lebih banyak.
Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.

Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya supaya campuran bisa pas.
Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:
1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB
2. “Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cuma tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.
Kasus-Kasus
Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :
Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
Motor gak pake di cuk kalo pagi N bisa langsung start
(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.
Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di putaran rendah juga maka pilot hrs turun.
Trus tuk kasus2 mainjet:
Motor dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun dll
Kesimpulannya, jika mtr Brebet di put atas berarti main jet hrs turun, jika mtr suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.
Karbu punya 2 spuyer :
Satu buah main jet (sebagai contoh to EN125 std ukurannya 110) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran ke atas.
Satu buah pilot jet ( sebagai contoh to EN125 std ukurannya 12) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cuma efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.
Setting Karbu:
Yaitu setelah mesin dipanaskan kurang lebih 5 menit, lalu coba pelintir gas sedikit sampai putaran mesin mencapai 4.000–5.000 rpm dan tahan sembari sekrup udara atau pilot air screw diputar mentok ke kanan (searah jarum jam). Bila sudah mentok, langsung putar kembali sekrup udara tadi berlawanan arah jarum jam (ke kiri) sambil mendengarkan perubahan putaran mesin. Sampai pada titik putaran tertinggi, tandanya setelan udara sudah pas. Untuk memastikannya, coba blayer gas dengan cara diurut sampai putaran tinggi sekitar 2-3 kali. Lalu lepas grip gas tiba-tiba. Sembari mendengarkan apakah ada gejala mbrebet, knalpot nembak atau putaran mesin seperti tersendat.
Kalau mbrebet, artinya setelan udara masih terlalu menutup. Sedang kalau knalpot nembak, suplai udara kebanyakan alias setelan udara terlampau membuka. Sebaliknya kalau tersendat, ada beberapa kemungkinan. Setelan udara belum tepat atau posisi jarum skep terlampau turun. Bila kejadiannya begitu, coba turunkan 1 ulir posisi klip jarum skepnya, lalu coba jajal putaran mesinnya lagi. Oh iya, pada motor yang karburatornya mengusung jarum skep tanpa ulir kayak di Honda Tiger Revo, Kawasaki ZX130 atau motor berkarburator model vakum pada umumnya, untuk menaikkan posisi jarum skepnya bisa diakali dengan menambah ring kecil setebal 1–1,5 mm ke dalam batang jarum.
Selain itu, setelan ketinggian pelampung yang tidak tepat juga dapat menimbulkan hal yang sama. Di samping bisa bikin tarikan di putaran menengah tersendat (kalau terlalu tinggi), juga bisa mengakibatkan knalpot nembak. Menurut Puguh, hal tersebut lantaran volume bensin dalam mangkuk kurang bisa memenuhi kebutuhan saat terisap. Nah, dengan menurunkan ketinggian pelampung pada karbu Scorpio sekitar 1-2 mm, kendala nembak bisa teratasi lantaran suplai bensin tercukupi. Namun bila semua langkah itu tidak membuahkan hasil, baru deh lakukan penggantian pilot jet. Umumnya, ukuran pilot jet (pj) dinaikkan 1 step. Langkah ini juga biasa diterapkan mekanik saat knalpot diganti pakai jenis free flow. Sedang main jet tak perlu bila mesin masih standar. Kecuali bila hasil pembakaran di busi menunjukkan pasokan gas terlalu kering di atas (busi berwarna putih). Tandanya main jet minta dinaikkan.
Tapi pada beberapa kasus, terutama di motor berkarburator vakum yang knalpotnya masih standar, Bila knalpotnya nembak, pilot jet malah minta dikecilin 1 step. Sebab dari beberapa kali uji coba, kendala nembak pada ayam jago berlambang S tersebut langsung hilang kala ukuran pilot jet diturunkan 1 step
Note:
Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk panduan setting krn pasti gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
Adakalanya detonasi tdk bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya sudah parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.
TABEL UKURAN SPUYER
EXTREME Pilot-Jet
1 Jupiter MX135 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25
2 Jupiter-Z 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25
3 Vega 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25
4 Shogun 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25
5 Smash 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25
6 Shogun 125 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25
7 Satria F-150 12.5, 15, 17.5, 20, 22.5, 25
8 Scorpio 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40, 42.5, 45
9 Satria 120 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40, 42.5, 45
10 Thunder 125 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40, 42.5, 45
11 Raider, F1Z-R 12.5, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40, 42.5, 45
12 Supra 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48 13
Karisma 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48 14
Vario 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48 15
Tiger 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48 16
Ninja 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48 17
NSR150-SP 32, 35, 38, 40, 42, 45, 48 18
RX-King 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 35, 37.5, 40, 42.5, 45
Main-Jet
1Scorpio 110, 115, 120, 125, 130, 135, 140, 145, 150
2 Jupiter-Z 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 105, 115
3 Vega 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 115
4 Nouvo 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 115
5 Shogun 110 67,5, 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 115
6 Smash 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 115
7 Shogun 125 90, 92.5, 95, 97.5, 100, 102.5, 115
8 Supra 72, 75, 78, 80, 82, 85
9 Karisma 72, 75, 78, 80, 82, 85
10 Kaze 72, 75, 78, 80, 82, 85
11 Tiger 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128
12 Ninja 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128
13 NSR150-SP 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128
14 Jupiter MX 106, 130, 132, 135, 138, 140, 142, 145, 148, 150, 152, 155, 160
15 Thunder 125 105, 130, 135, 138, 140, 142, 145, 148, 150, 152, 155, 160
16 Vario 110, 130, 135, 138, 140, 142, 145, 148, 150, 152, 155, 160, 162, 165, 168, 170
17 Satria 120 90, 95, 100, 105, 110, 115, 120, 125, 130, 135, 140, 145
18 RX-King 150, 155, 160, 165, 170, 175, 180, 190, 195, 200, 210
KitacoPilot-Jet
1 Kaze 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128
2 Grand 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128
3 Supra 100, 102, 105, 108, 110, 112, 115, 118, 120, 122, 125, 128
4 Shogun 15, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30
5 Jupiter-Z 15, 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30
6 RX-King 17.5, 20, 22.5, 25, 27.5, 30, 32.5, 40, 42.5, 45
Main-Jet
1 Kaze 75, 78, 80, 82, 85, 88, 90
2 Grand 75, 78, 80, 82, 85, 88, 90
3 Supra 75, 78, 80, 82, 85, 88, 90
4 Shogun 70, 72,5, 77,5, 80, 82,5, 85, 87,5, 90, 97.5, 100, 102.5, 107,5, 110, 112.5, 115, 120, 125 5 Jupiter-Z 70, 72,5, 77,5, 80, 82,5, 85, 87,5, 90, 97.5, 100, 102.5, 107,5, 110, 112.5, 115, 120,125
6 RX-King 85, 90, 95, 100, 105, 110, 115, 120, 125, 130, 135, 140, 145, 150, 155, 160, 165, 170, 175,

60 komentar:

  1. maaf bos kenapa ya motor vega r new saya kalau gas di lepas suka nembak ..??
    mohon penjelasannya.!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ais nya dah rusak atau setting karburator terlalu membuka (setelan irit/kering)..
      knalpot juga jangan sampe ada kebocoran bro..

      Hapus
  2. Gan knapa ya satria f150 saya seperti tersendat kaya mau mati pas dibawa aga kenceng, pusing saya,,,
    Minta sarannya gan tks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba naikkan main jet x 1 sampai 2 step gan , gejalan kayak gtu sudah biasa terjadi kalau main jet terlalu kecil

      kalau boleh tau , agan melakukan perubahan apa saja pada motor nya ?

      Hapus
  3. Gan minta saran donk,motor jupiter ane brebet2 saat di idupin maupun saat putran atas.udah gua seting karbu klep ama busi tp ttp aja brebet..cdi punya mio

    BalasHapus
    Balasan
    1. speda agan masi standart ?
      soal untuk cdi sendiri itu juga sangat berpenganruh sekali karna cdi yang mengatur ledakan yang terjadi dalam pembakaran

      Hapus
  4. Bro knp yah motor gua maunya 130 trus larinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. motor apa dulu bro ?

      kalau pengen nambah top speed coba main final gear , tapi akclerasi akan menurun

      Hapus
  5. Bro knp yah motor gua maunya 130 trus larinya

    BalasHapus
  6. Gan mohon bantuanya,
    Motor vega lawas ane udh ane oprek ampe os 250, trus ane pakein karbu punya rx king,
    Puteran rendah enak, puteran tengah nyendat, tapi kalau gas ditarik gede sekalian jg enak gan,
    Mohon penjelasan gan, thx

    BalasHapus
  7. gan mohon bantuan..jupiter z kalo baru idup ngempos banget kaya abis bensin, tapi kalo udah panas banget normal, n klo abis brenti ngempos lagi. dan lagi bensin boros juga. kenpa ituu, tulung..tuluung :(

    BalasHapus
  8. Gan minta tolong dong.

    Mio saya awalnya normal.
    Setelah di service karbunya malah di gas brebet bahkan mati.
    Jika vakum dibantu di tarik ke atas pada saat gas normal2 aja.
    Tapi kalo ga dibantu sepeti vakumnya tidak main saat di gas.

    Alhasil brebet dan langsung mati.

    Mina tolong gan gimana solusi untuk ngobatinnya?????

    BalasHapus
  9. Gan . Mohon pencerahan . Motor gas nya ga bisa rata . Kalo d lepas gas ny mesin akan mati .. kenapa ya gan ????

    BalasHapus
  10. Gan motor ane jupiter mx kalo digas suka langsung mati itu knpa gan???
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  11. tiger revoku 2011, Km 100rb. nembak, mbrebet, gmbos suara trputus, panas mati. aku ganti coil, pulser tetep nembak, buka head silinder bersihkan piston, skur klep, ganti seal klep, brsihkan membran Ais(ye is). alhasil msh nembak. ane ganti manipol karbu, pilot jet 40, main jet 130, ganti accu yah masih nembak. sblum ganti cdi ane cek ulang kelistrikan di spul magnit cdi (spul yg trbungkus). ane ganti (digulung). alhasil pnyakitnya ktmu. pengalaman sedikit mahal & ane pasang kmbali pulser, manipol, pilot jet yang ori yaaah udh gak nembak & gak gembos, tarikan jos normal.

    BalasHapus
  12. Gan mohon sarannya soal tiger sering langsam di putaran atas dan di putaran bawah kadang-kadang mati seperti gk normal jika di panaskan, sedangkan di jalan di gas ngebut enak waktu di lampu merah langsam kadang-kadang mati, ukuran mainjet 125 dan pilot jet 38 mesin masih standar knalpot jg msh standar, motor tersebut 4 bln yg lalu saya beli second jadi ukuran mainjet dan pilot dah di rombak ama yg punya sblm milik saya, mohon bantuan dan sarannya gan,

    BalasHapus
  13. Pagi gan . Fu ane kalo pas dingin ngempos tapi pass panas normal gan. Jadi kalo pas mesin dingin kayak bensin kosong. Emang karet sil yang ada di stelan angin kaga ada. Apa gara gara itu jadi angin terlalu banyak masung di banding bb. Filter udah ane buka , pilot jet 17,5 spuyernya ane lupa ukurannya tapi udah di naekin 2 step. Minta pencerahan gan

    BalasHapus
  14. Pagi gan . Fu ane kalo pas dingin ngempos tapi pass panas normal gan. Jadi kalo pas mesin dingin kayak bensin kosong. Emang karet sil yang ada di stelan angin kaga ada. Apa gara gara itu jadi angin terlalu banyak masung di banding bb. Filter udah ane buka , pilot jet 17,5 spuyernya ane lupa ukurannya tapi udah di naekin 2 step. Minta pencerahan gan

    BalasHapus
  15. Gan motor saya jup mx old,silincer knalpot aq gnti punya satria f.knapa malah brebet di putaran atas/akhir?tlong gan

    BalasHapus
  16. bos mau nanya mtor ninjaku kalo di putaran atas kenalpotnya nembak2 trus. . . ,it kenapa y. ? udah q coba borosin tp hsilnya sma.tlong dbri saran. mksh

    BalasHapus
  17. Mas broo mau tanya, kenapa ninja saya suara nya kayak mesin jingsu. Engak kayak setandar nya padahal kanalpot nya masih setandar. Terus gas kecil berbebet, gas mentok lari nya cepatan gas setengah. Kalau di lanjutkan gas mentok suara mesing ngaum tpi lari nya gk cepat dan mesin gampang panas. Maaf pertanyaan nya banyak.
    Monhon kasih solusi nya dan sy ucapkan trimakasih..

    BalasHapus
  18. bos mtorku tiger 2001klu hbs prjalanan trus brhenti agak lama n mau d hidupin knp hrus d cuk dlu bru bs nyala n klu d gas prtama bnyi brebet tlong mnta solusinya gan,,,

    BalasHapus
  19. Bos kenapa c70 saya kalau jalan angin dari carbu suka nembak

    BalasHapus
  20. Bos kenapa c70 saya kalau jalan angin dari carbu suka nembak

    BalasHapus
  21. gan ane ,minta penjelasannya motor vega r ane ,,,kan motor vega ane sengaja ane brebet ,,kalo ane bawa kenceng kaya mau abis

    BalasHapus
  22. gan ane mau nanya ni,, kenapa motor sy blade,, kalau jalan sering nyendad kalo di gas rendah,,, terus kenalpot sering nembak,, padahal karbo'nya fa di servis....???
    mintah bantuan nya gan,, mks.....

    BalasHapus
  23. Misi gan numpang nanya ya, motor mio saya kok ditarik gasnya awall brebet lalu sudah di atas gas mentok itu brebet jg, physton dah soghun, roller 9 gram, per cvt 1500, CDI BRT, karbu king,? Apa yang salah ya gan atau om ? Knpa jd kerasa ga ada daya tarik mtornya ? Apa mungkin stelan karbu kurang pas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek ulang karbunya gan... Ukuran pj/mj sama setelan angin

      Hapus
  24. Motor fu saya ko sering mati pas lagi jalan kya habis bensin langsung nyala bisa pas mati tapi kalo main rpm tinggi ko enak apa solusinya itu ya mohon banyuannya

    BalasHapus
  25. Motor fu saya ko sering mati pas lagi jalan kya habis bensin langsung nyala bisa pas mati tapi kalo main rpm tinggi ko enak apa solusinya itu ya mohon banyuannya

    BalasHapus
  26. motor saya vega r lama, setiap di gas selalu mbrebek, padahal sudah ganti spull, cdi, dan di operseis 75 ?
    mohon solusinya....

    BalasHapus
  27. Gan motor saya ninja 250 kalo pagi susah nyala dan langsamnya lambat di putaran bawah juga ga ada tenaganya di atas juga brebet itu kenapa ya?

    BalasHapus
  28. Gan knapa motor saya tidak bisa di setel basah, jarum udah dibuat pling bawah dan setelan udaranya dah dibuat kndas tapi gk mau basah. Yg mengakibatkan ada ledakan saat turun gas

    BalasHapus
  29. bang tolong kasih solui ya''honda tiger saya setelah ganti carbutor pe saat di genjot gas tarikanya enak tapi saat gas di lepas nyendat serasa mau mati

    BalasHapus
  30. bang tolong kasih solui ya''honda tiger saya setelah ganti carbutor pe saat di genjot gas tarikanya enak tapi saat gas di lepas nyendat serasa mau mati

    BalasHapus
  31. Boss mau tanya dong motor saya mio tp udah pake karbu shogun 125 dan spuyer nya udah naik jd 17.5,knapa yah di tarik gas stengah turun nya lambat trus juga susah langsam..makasih

    BalasHapus
  32. Gan mau nanya rxking std karbu sdh ganri repair kit std smua pemgapian dikembalikan std putaran bawah brebet putaran atas nambah terus tapi suara knalpot gak bisa nyaring seperti semula alias jadi ngempel bila ingin kembali bisa nging ngecring lagi seperti awal apa yg hrs dibenahin?soalya sdh ditestknalpot yg dipakai dipasang dimotor lain bs ngecring ,makasih infonya

    BalasHapus
  33. Gan .motor zupiter ane .saat dipanasin putaran awal ngempos .kehilangan tenaga walau pun udah di gas full.tapi setelah 3menit baru ada tenaga saat d.gas

    BalasHapus
  34. Gan .motor zupiter ane .saat dipanasin putaran awal ngempos .kehilangan tenaga walau pun udah di gas full.tapi setelah 3menit baru ada tenaga saat d.gas

    BalasHapus
  35. Gan Mau Tanya, kenapa ya Rx king saya kl putaran bawah berebet, cuma pas putaran atas di bloknya Ada bunyi ngelitik gitu ya? Seperti Mau patah reng seher, padahal Oli samping Jalan Dan bensin saya campur. Ada saran ga gan buat masalah seperti ini? motor Baru os 50 karbu standard main-jet 180 Dan pilot-jet 40. Thanks gan.

    BalasHapus
  36. Mas kalo motor smash udah knalpot racing pake mainjet udah naik , awalnya enak banget cuma sekarang kalo bukaan gas setengah sampe penuh malah brebet tambah nembak-nembak keluar api , masalah nya dimana ya mas?

    BalasHapus
  37. Mau tanya bos, kenapa motor saya kalau di gas kayak nahan gitu, trus saat tanjakan gk ada tenaganya? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  38. Gan apabila bobok kenalpot apakah perlu menaikan pilot jet dan main jet satu tingkat..

    BalasHapus
  39. Bro tanya nih baby ninjaku kawasaki zx130 klo jalan pelan mbrebet kalo lari kencang malah joss., gimana solusinya mksh

    BalasHapus
  40. Bos kenapa ya motor saya d putaran bawah kalo di gas seperti mw mati
    Tapi kalo di kasih filter udara ngga

    BalasHapus
  41. assalamualaikum gan.. ane mau nanya,motor ane vega r anak 2005.. keluhan ya sama kayak di materi yg ente sebutin.. semenjak ane ganti cdi sama spull yang di gulung ulang kawatnya,motor ane jd brebet di putaran rendah dan tinggi.. pas di kick starter timbul bunyi benturan logam juga.. nah itu kira2 kita harus lari ke setel karbu atau ke komponen pengapian? mohon info gan hehe

    BalasHapus
  42. Om sipio ane suka rewel. Brebet di putaran bawah, rpm tinggi aman dan lancar. Kalo agak lama suks hilang daya trus lama ngidupinnya lagi. Cdi busi udah baru semua pdhl. Sipio 2004.ads solusi?

    BalasHapus
  43. Gan vega r new saya kok kalau buat lari kenceng gak bisa ya ,kayak nyendal gitu kalo gas nya di poll lin,padahal setelannya udah biasa ,posisi filter di buka gan .saran kalo filter di buka setelan angin nya di puter berapa kali ya? Standar bukaan filter?

    BalasHapus
  44. ketika mesin dingin brebet dan saat mesin panas normal kenapa gan??

    BalasHapus
  45. Bro Fu 150 ane ganti karburator RX-King digas krebet Ama tersendat sendat ane udh Bire up 200

    BalasHapus
  46. Om.. .Motor byson saya make carbu king.... Ko brebet di awal gas pas jalan ya.itu knpa ya om??? ???

    BalasHapus
  47. Bang mau ikutan nanya, beat sya bore up 54,5. Knalpot freeflow AHM MALAYSIA, KARBU BARU SYA GANTI PE 24 RIDE IT SETING SUDCO,BAWAH KERING, TENGAH-ATAS MREBET GAK JALAN, SPUYER STANDAR 38/95 SYA GANTI 40/110..TP tambah parah, mohon dbantu bang

    BalasHapus
  48. Bang mau ikutan nanya, beat sya bore up 54,5. Knalpot freeflow AHM MALAYSIA, KARBU BARU SYA GANTI PE 24 RIDE IT SETING SUDCO,BAWAH KERING, TENGAH-ATAS MREBET GAK JALAN, SPUYER STANDAR 38/95 SYA GANTI 40/110..TP tambah parah, mohon dbantu bang

    BalasHapus
  49. Gan ,maw nnya ni satria Fu saya putaran tengah nya blm dapat nii..saya pake karbu king gan.tq

    BalasHapus
  50. Maaf ka mau nanya,l soal jupiter mx new.
    Klo pas waktu digas terus telat ke posisi langsam seperti biasa itu apa sebabnya nya.
    Terima kasih

    BalasHapus
  51. Maaf bang mau tanya saya pakai karbu pwk, tarikan bawahnya enak tapi pas di tarikan atas kenapa brebet parah ya?
    Terima kasih

    BalasHapus